FOMO TRADING: INI DIA PENYEBAB KERUGIAN INVESTASI YANG SERING DILEWATKAN

Sobat Trading, investasi dan trading kini tengah menjadi booming di tengah masyarakat. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan, karena investasi dan trading menawarkan keuntungan yang cukup menjanjikan. Namun, para trader atau investor pemula masih sering menggunakan strategi yang salah, seperti FOMO Trading. FOMO Trading adalah salah satu strategi trading yang dilakukan oleh trader atau investor pemula dengan tujuan untuk masuk ke dalam suatu keputusan trading yang sedang ramai diperbincangkan di media sosial, meski sebenarnya mereka sendiri tidak memahami situasi pasar secara utuh.

Apa itu FOMO Trading? 🤔

FOMO Trading merupakan kepanjangan dari Fear Of Missing Out Trading. Strategi ini dilakukan oleh para trader atau investor dengan membeli aset-aset atau saham-saham yang sedang trending yang berujung pada pembelian pada harga yang tinggi karena takut ketinggalan.Para trader atau investor pemula yang melakukan FOMO Trading biasanya akan langsung membeli aset pada saat berita mengenai kenaikan harga aset tersebar, dan mereka merasa terburu-buru untuk membeli aset tersebut. Namun, belum tentu harga aset tersebut akan berlangsung lama.

Kerugian FOMO Trading 📉

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, strategi FOMO trading sendiri tergolong sebagai salah satu strategi yang kurang tepat untuk dilakukan saat trading atau investasi. Terdapat beberapa Kerugian FOMO Trading yang perlu Sobat Trading ketahui.

Aset atau saham yang dibeli dengan harga yang tinggi

Kerugian yang paling umum dan sering terjadi dari FOMO Trading adalah pembelian aset atau saham dengan harga yang tinggi. Seperti yang telah Sobat Trading ketahui, harga aset memiliki fluktuasi yang tinggi sehingga sangat mungkin terjadi kejadian dimana harga aset akan turun drastis setelahnya.Pada saat aset tersebut turun, kebiasaan trader atau investor pemula adalah panik dan menjual aset tersebut saat harga rendah, sering kali dengan kerugian yang cukup besar.

Kurangnya Analisa Fundamental atau Teknikal

Trader atau investor yang melakukan FOMO Trading biasanya akan melewatkan analisa fundamental dan teknikal terhadap aset. Padahal, analisa fundamental dan teknikal sangat penting dalam trading saham dan investasi, karena akan menentukan keamanan aset yang dibeli serta potensi keuntungan dan kerugian yang akan didapat.

Terlalu Sangat Bergantung Pada Berita

Trader atau investor pemula yang melakukan FOMO Trading, biasanya akan terlalu bergantung pada berita atau informasi trending di media sosial. Padahal, berita bisa jadi memiliki informasi yang tidak berimbang atau salah, bahkan bisa saja berita tersebut dibuat oleh pemilik aset itu sendiri untuk meningkatkan kenaikan harga aset.

Tidak Mengenal Risk Management

Risk Management merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan oleh para trader atau investor, terlebih saat menggunakan strategi FOMO Trading. Para trader atau investor pemula seringkali lupa atau tidak mengetahui hal tersebut sehingga tidak mempersiapkan diri ketika kerugian terjadi.

Kesulitan dalam Melakukan Cut Loss

Saat harga aset turun, para trader atau investor pemula masih seringkali menunggu dan berharap harga akan kembali naik. Namun apabila harga tidak naik dan terus turun, kesulitan untuk melakukan cut loss dan memilih untuk menunggu hingga harga kembali naik.

Memasuki Market Saat Tengah Ramai

Trader atau investor pemula yang melakukan FOMO Trading biasanya memasuki pasar ketika aset sedang viral atau ramai di media sosial. Sehingga ketika aset tersebut berfluktuasi, para trader atau investor pemula menjadi takut dan fokus pada aset tersebut dan mengabaikan aset lain yang mungkin lebih menguntungkan.

Tidak Mengenal Investasi Jangka Panjang

Para trader atau investor pemula yang melakukan FOMO Trading cenderung kurang memahami investasi jangka panjang. Mereka lebih sering mencari keuntungan sebanyak-banyaknya dalam waktu singkat dan tidak memikirkan kerugian besar yang akan dialami ketika strategi mereka gagal.

Kelebihan FOMO Trading 📈

Namun, terdapat beberapa kelebihan yang bisa didapat oleh para trader atau investor pemula yang melakukan FOMO Trading. Berikut adalah beberapa kelebihan dari FOMO Trading:

Memperoleh Keuntungan Cepat

Keuntungan cepat bisa didapat jika trader atau investor membeli sebuah aset yang sedang viral pada saat itu. Namun, bisa jadi keuntungan tersebut tidak stabil dan berisiko.

Memiliki Aset dengan Kepopuleran Tinggi

Saat trader atau investor membeli sebuah aset yang sedang viral, maka mereka akan memiliki aset dengan kepupoleran tinggi, bahkan bisa jadi aset tersebut akan terus menjadi viral dalam jangka waktu yang cukup lama.

Terciptanya Peluang Investasi Yang Menarik

FOMO Trading juga bisa menciptakan peluang investasi yang menarik. Pada saat aset viral memang masih dalam tahap awal, para investor bisa membeli saham aset tersebut dengan harga yang masih terjangkau. Namun, hal ini harus sangat hati-hati dan memerlukan analisis yang tepat.

Tabel FOMO Trading 📊

Tabel di bawah ini berisi informasi lengkap tentang FOMO Trading, dari pengertian, kelebihan, hingga risikonya.

FOMO Trading Penjelasan
Fear Of Missing Out Trading Strategi trading yang dilakukan oleh para trader atau investor pemula dengan membeli aset-aset atau saham-saham yang sedang trending yang berujung pada pembelian pada harga yang tinggi karena takut ketinggalan.
Kerugian FOMO Trading Pembelian aset atau saham dengan harga yang tinggi, kurangnya analisa fundamental atau teknikal, terlalu sangat bergantung pada berita, tidak mengenal Risk Management, kesulitan dalam melakukan cut loss, memasuki market saat tengah ramai, dan tidak mengenal investasi jangka panjang.
Kelebihan FOMO Trading Memperoleh keuntungan cepat, memiliki aset dengan kepupoleran tinggi, dan terciptanya peluang investasi yang menarik.

13 Pertanyaan Tentang FOMO Trading yang Perlu Kamu Ketahui ❓

1. Apa itu FOMO Trading?2. Apa saja yang menjadi kerugian FOMO Trading?3. Apa kelebihan dari FOMO Trading?4. Bagaimana cara melakukan analisa fundamental dan teknikal dalam trading saham dan investasi?5. Apa pengertian dari Risk Management dalam trading dan investasi?6. Bagaimana cara melakukan Cut Loss dalam trading?7. Bagaimana menghindari FOMO Trading?8. Apa perbedaan investasi jangka pendek dan jangka panjang?9. Apa saja risiko yang terkait dengan investasi jangka panjang?10. Apa saja faktor yang mempengaruhi harga aset?11. Apa saja cara untuk mengetahui harga yang sebenarnya dari sebuah aset?12. Bagaimana cara menghindari ketidakseimbangan informasi dalam sebuah berita?13. Apa saja kiat-kiat untuk melakukan investasi yang aman dan menguntungkan?

Kesimpulan 📝

Dari penjelasan di atas, FOMO Trading tergolong strategi trading yang salah, terutama jika dilakukan oleh para trader atau investor pemula dalam investasi dan trading. Salah satu faktor penyebab kerugian dalam investasi adalah ketidaktahuan dan kurangnya pemahaman tentang pasar dan aset yang diperdagangkan.Maka, para investor dan trader haruslah bertindak bijak dalam melakukan trading dan investasi. Selain itu, hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain persiapan yang matang, analisis fundamental dan teknikal yang cermat, serta risk management yang tepat agar bisa memperoleh keuntungan yang maksimal.Anda patut mempertimbangkan untuk tidak menggunakan FOMO Trading dalam trading dan investasi apabila tidak ingin merugi.

Penutup / Disclaimer 📣

Perlu Sobat Trading ketahui bahwa trading dan investasi selalu memiliki risiko, termasuk jika Anda menggunakan strategi FOMO Trading.Segala bentuk keputusan dalam trading dan investasi harus dilakukan secara hati-hati dan bijaksana. Penulis tidak bertanggung jawab atas kerugian atau keuntungan akibat penggunaan informasi ini.

Related video ofFOMO TRADING: INI DIA PENYEBAB KERUGIAN INVESTASI YANG SERING DILEWATKAN